blog-indonesia.com

Kamis, 02 Agustus 2012

Pasar Efisien

Efisiensi pasar modal merupakan salah satu indikator untuk menentukan kualitas suatu pasar modal. Semakin tinggi derajat efisiensinya, maka kualitas pasar modal tersebut akan semakin baik. Menurut Husnan (2005: 260) pasar modal efisien adalah pasar yang harga sekuritas-sekuritasnya telah mencerminkan semua informasi yang relevan. Semakin cepat informasi baru yang tercermin pada harga sekuritas, semakin efisien pasar modal tersebut.
Teori pasar efisien tergantung kepada asumsi bahwa semua pelaku pasar mengolah informasi secara rasional dan secara rata-rata informasi yang dimiliki semua pelaku pasar adalah benar. Sehingga, jika pasar bereaksi dengan cepat dan akurat untuk mencapai harga keseimbangan yang baru yang sepenuhnya mencerminkan informasi yang tersedia, maka kondisi pasar ini disebut pasar efisien dan berpengaruh terhadap keputusan investasi.
Dalam Husnan (2005: 265) bentuk pasar efisien dikelompokkan menjadi tiga yaitu :
1.        Pasar efisien bentuk lemah (Weak form)
Dalam keadaan ini harga saham mencerminkan semua informasi yang terkandung dalam waktu yang lalu. Pada keadaan seperti ini investor tidak bisa memperoleh tingkat keuntungan diatas normal yang didasari atas informasi masa lalu.
2.      Pasar efisien bentuk semi kuat (Semi strong form)
Dalam keadaan ini harga saham tidak hanya mencerminkan harga di waktu yang lalu, tetapi semua informasi dipublikasikan. Dengan kata lain, investor tidak bisa memperoleh tingkat keuntungan diatas normal dengan memanfaatkan public  information. Penelitian mengenai penerbitan saham baru, pengumuman laba dan dividen, perkiraan tentang laba perusahaan dan lain-lain, umumnya menunjukkan bahwa informasi tersebut dengan cepat dan tepat dicerminkan dalam harga saham.
3.      Pasar efisien bentuk kuat (Strong form)
Dalam keadaan ini harga saham tidak hanya mencerminkan semua informasi yang dipublikasikan, tetapi juga informasi yang bisa diperoleh dari analisis fundamental tentang perusahaan dan perekonomian. Pada keadaan ini harga selalu wajar dan tidak ada investor yang mampu memperoleh perkiraan yang lebih baik tentang harga saham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar