blog-indonesia.com

Sabtu, 04 Agustus 2012

Manfaat dan Kegunaan Mendengarkan MP3 Relaksasi


Banyak penelitian yang diketahui bahwa terdapat hubungan antara stress dan hipertensi. Seperti misalnya pasien yang mengalami stress kecemasan sebelum operasi cenderung mengalami peningkatan tekanan darah secara mendadak. Tidak heran pula bila kita mendengar seseorang mengalami serangan jantung atau stroke pada saat orang tersebut tidak dapat mengontrol emosi negatif, seperti amarah.
Terapi musik telah banyak dibahas pada berbagai literatur medis. Penggunaan terapi musik sendiri sudah dimulai setelah Perang Dunia I, ketika para pelaku terapi hanya sekelompok pemusik dan digunakan untuk mengobati para veteran yang memiliki trauma perang baik mental maupun fisik dari perang tersebut. Setelah Perang Dunia II, terapi musik dikembangkan secara intensif pada rumah sakit di Amerika kemudian didaratan Eropa.
Musik merupakan sebuah rangsangan pendengaran yang terorganisir yang terdiri dari melodi, ritme, harmoni, timbre, bentuk dan gaya. Musik memiliki kekuatan untuk mengobati penyakit dan ketidakmampuan yang dialami oleh tiap orang. Ketika musik diaplikasikan menjadi sebuah terapi, musik dapat meningkatkan, memulihkan, dan memelihara kesehatan fisik, mental, emosional, sosial, dan  spiritual dari setiap individu. Hal ini dikarenakan, musik memiliki beberapa kelebihan, seperti musik bersifat universal, Nyaman dan menyenangkan, berstruktur. Perlu diingat bahwa banyak  dari proses dalam hidup kita berakar dari irama. Sebagai contoh, nafas kita, detak jantung, dan pulsasi semuanya berulang dan berirama.
Semua jenis musik sebenarnya dapat digunakan sebagai terapi musik. Seperti lagu-lagu relaksasi, lagu popular maupun lagu / musik klasik. Namun anjurannya adalah memilih lagu dengan tempo sekitar 60 ketukan / menit yang bersifat rileks , karena apabila terlalu cepat maka secara tidak sadar stimulus yang masuk akan membuat kita mengikuti irama tersebut , sehingga keadaan istirahat yang optimal tidak tercapai. Musik klasik seringkali menjadi acuan untuk terapi musik ini. Di antara musik klasik yang sering menjadi acuan adalah : karya Mozart , karena hampir semua karya Mozart memiliki nada-nada dengan frekuensi tinggi, rentang nada begitu luas dan tempo yang dinamis.
Berbagai penelitian yang dilakukan di India maupun Italia menunjukkan efektivitas terapi musik untuk mengurangi nyeri, kecemasan maupun hipertensi. Pada penelitian di Italia menunjukkan kelompok penderita hipertensi yang sedang minum obat antihipertensi bila diikuti dengan mendengarkan musik klasik 30 menit / hari disertai dengan latihan nafas perut selama satu bulan  menunjukkan penurunan tekanan darah yang bermakna dibandingkan dengan kelompok pasien yang hanya mengandalkan obat antihipertensi.   Selain itu pula Penelitian lain pada pasien yang akan menjalani tindakan endoskopi  atau peneropongan organ pencernaan , terbukti dengan terapi musik dapat mengurangi kecemasan  dan terapi musik dapat membuat pasien lebih rileks dengan hasil akhir memberikan efek positif terhadap detak jantung  maupun laju nafas.

Sumber: dr. Yuda Turana, Sp.S, Staf pengajar Departemen Neurologi FK Atma Jaya, Kepala Pusat Penelitian Kesehatan Atma Jaya

Untuk mengatasi stress, sisihkan waktu anda kuranglebih 20 menit saja. Pilih dan putarlah musik relaksasi yang anda sukai, lalu berbaringlah dengan santai, atau untuk menghindari gangguan, anda dapat mengenakan headphone agar perhatian anda tetap terfokus pada musik tersebut.
Pilihlah musik yang iramanya lambat (lebih lambat daripada detak jantung) biasanya lebih efektif untuk mengatasi stress. Namun jika anda dalam keadaan lesu dan lelah serta ingin menjadi lebih bersemangat, pilihlah musik yang iramanya lebih cepat.
Sambil menikmati alunan musik, bayangkan bahwa getarannya membasuh semua masalah yang membuat stress seharian ini. Perhatian pernapasan, biarkan nafas semakin dalam, semakin lambat dan semakin teratur. Berkonsentrasilah pada keheningan diantara nada-nada musik (jangan malah sibuk menganalisa musik agar semakin rileks).
Jika tidak ingin berdiam diri, bisa berjalan-jalan santai sambil membawa MP3 Player atau dengan menggunakan hp yang telah diisikan mp3 musik relaksasi. Tari dan buanglah nafas seirama dengan musik. Barkan musik membuat santai.
Cobalah mendengarkan musik alami, seperti suara ombak dipantai, nyanyian katak dan jangkrik disawah, desir angin yang mengelus pepohonan, dan kicau burung-burung dipegunungan, Insya Allah anda akan rileks.
Berikut saya memberikan sampel musik relaksasi yang dapat anda download dan kemudian didengarkan:


Untuk album yang lebih lengkap, saya menjualnya dalam bentuk paket DVD yang berjumlah 10 keping dengan harga spesial sebesar Rp.120.000 (belum termasuk ongkir). Silahkan hub. 085664927505

Tidak ada komentar:

Posting Komentar